Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)
Sekolah : SMA
Kelas/ Semester : XII (Dua belas)/ Semester I
Mata Pelajaran : Fisika
Alokasi Waktu : 12 jam
Standar
Kompetensi:
Menerapkan konsep kelistrikan dan kemagnetan dalam
berbagai penyelesaian masalah dan produk teknologi.
Kompetensi
Dasar:
Menerapkan induksi magnetik dan gaya magnetik pada
beberapa produk teknologi.
Indikator:
1. Mendeskripsikan
induksi magnetik sekitar kawat berarus.
2. Mendeskripsikan
gaya magnetik pada kawat berarus dan muatan bergerak.
3. Menerapkan
prinsip induksi magnetik dan gaya magnetik dalam teknologi.
Tujuan
Pembelajaran:
1.
Setelah didemonstrasikan, siswa mampu
mendeskripsikan induksi magnetik sekitar kawat berarus dengan benar.
2.
Setelah berdiskusi, siswa mampu
mendeskripsikan gaya magnetik pada kawat berarus dan muatan bergerak dengan
benar.
3. Setelah
melakukan percobaan, siswa mampu menerapkan prinsip induksi magnetik dan gaya
magnetik dalam teknologi dengan tepat.
Materi
Pembelajaran:
1. Percobaan
Oersted.
2. Hukum
ampere.
3. Medan
Magnet sekitar kawat berarus.
4. Gaya
magnetik.
Model
pembelajaran:
1. Demonstrasi
2. Diskusi
3. Percobaan
Langkah-langkah
Pembelajaran:
a. Kegiatan
Awal
Motivasi
dan Apersepsi:
1. Penahkan
anda membuka pintu kulkas lalu pintu itu akan tertutup sendiri?
2. Mengapa
terjadi demikian?
3. Apa
yang anda ketahui tentang magnet?
b. Kegiatan
Inti
1. Guru
mendemonstrasikan gelombang medan magnet di sekitar kawat berarus.
2. Siswa
mendengarkan dan mencatat hal-hal yang penting.
3. Guru
memberikan tugas berkenaan dengan demonstrasi sebelumnya.
4. Siswa
mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru.
5. Guru
membimbing siswa untuk membagi kelas menjadi beberapa kelompok.
6. Siswa
didampingi oleh guru berdiskusi mengenai formula kuat medan magnetik dan gaya
magnetik.
7. Masing-masing
kelompok membacakan hasil diskusi mereka.
8. Masing-masing
kelompok didampingi oleh guru melakukan percobaan membuat motor listrik
sederhana.
9. Masing-masing
kelompok melaporkan hasil percobaan kepada guru.
c. Kegiatan Penutup
Guru menyimpulkan dan mengingatkan kembali apa yang
dipelajari hari ini.
Sumber,
Bahan, dan Alat Belajar:
1. Sumber:
buku Fisika yang relevan.
2. Bahan:
lembar kerja, hasil kerja siswa dan bahan presentasi.
3. Alat:
power supply, kawat/kabel, magnet batang/magnet U, amperemeter, kit listrik,
dan media presentasi.
Penilaian:
1. Penilaian
kinerja
2. Penilaian
tes tertulis
3. Penilaian
hasil diskusi
Penilaian hasil karya
Tidak ada komentar:
Posting Komentar