Minggu, 09 Desember 2012

Contoh Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Fisika Materi Induksi Magnetik


Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

(RPP)

 

 

Sekolah                       : SMA

Kelas/ Semester           : XII (Dua belas)/ Semester I

Mata Pelajaran            : Fisika

Alokasi Waktu            : 12 jam

 

Standar Kompetensi:

Menerapkan konsep kelistrikan dan kemagnetan dalam berbagai penyelesaian masalah dan produk teknologi.

 

Kompetensi Dasar:

Menerapkan induksi magnetik dan gaya magnetik pada beberapa produk teknologi.

 

Indikator:

1.      Mendeskripsikan induksi magnetik sekitar kawat berarus.

2.      Mendeskripsikan gaya magnetik pada kawat berarus dan muatan bergerak.

3.      Menerapkan prinsip induksi magnetik dan gaya magnetik dalam teknologi.

 

Tujuan Pembelajaran:

1.      Setelah didemonstrasikan, siswa mampu mendeskripsikan induksi magnetik sekitar kawat berarus dengan benar.

2.      Setelah berdiskusi, siswa mampu mendeskripsikan gaya magnetik pada kawat berarus dan muatan bergerak dengan benar.

3.      Setelah melakukan percobaan, siswa mampu menerapkan prinsip induksi magnetik dan gaya magnetik dalam teknologi dengan tepat.

 

 

Materi Pembelajaran:

1.      Percobaan Oersted.

2.      Hukum ampere.

3.      Medan Magnet sekitar kawat berarus.

4.      Gaya magnetik.

 

Model pembelajaran:

1.      Demonstrasi

2.      Diskusi

3.      Percobaan

 

Langkah-langkah Pembelajaran:

a.       Kegiatan Awal

Motivasi dan Apersepsi:

1.      Penahkan anda membuka pintu kulkas lalu pintu itu akan tertutup sendiri?

2.      Mengapa terjadi demikian?

3.      Apa yang anda ketahui tentang magnet?

b.      Kegiatan Inti

1.      Guru mendemonstrasikan gelombang medan magnet di sekitar kawat berarus.

2.      Siswa mendengarkan dan mencatat hal-hal yang penting.

3.      Guru memberikan tugas berkenaan dengan demonstrasi sebelumnya.

4.      Siswa mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru.

5.      Guru membimbing siswa untuk membagi kelas menjadi beberapa kelompok.

6.      Siswa didampingi oleh guru berdiskusi mengenai formula kuat medan magnetik dan gaya magnetik.

7.      Masing-masing kelompok membacakan hasil diskusi mereka.

8.      Masing-masing kelompok didampingi oleh guru melakukan percobaan membuat motor listrik sederhana.

9.      Masing-masing kelompok melaporkan hasil percobaan kepada guru.

c.       Kegiatan  Penutup

Guru menyimpulkan dan mengingatkan kembali apa yang dipelajari hari ini.

 

Sumber, Bahan, dan Alat Belajar:

1.      Sumber: buku Fisika yang relevan.

2.      Bahan: lembar kerja, hasil kerja siswa dan bahan presentasi.

3.      Alat: power supply, kawat/kabel, magnet batang/magnet U, amperemeter, kit listrik, dan media presentasi.

Penilaian:

1.      Penilaian kinerja

2.      Penilaian tes tertulis

3.      Penilaian hasil diskusi
Penilaian hasil karya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar